Prosedur Pemilihan

PROSEDUR PEMILIHAN

Pemilihan pilmapres dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat jurusan/departemen/bagian, fakultas, perguruan tinggi (Universitas/Institut/Sekolah Tinggi), Kopertis Wilayah (untuk Perguruan Tinggi Swasta) dan tingkat nasional, dengan prosedur dan tahapan sebagai berikut.

A. Tingkat Perguruan Tinggi dan Kopertis Wilayah

Prosedur pemilihan pilmapres pada tingkat perguruan tinggi (PTN/PTS) diatur sebagai berikut:

  1. Pilmapres tingkat jurusan/departemen/bagian, fakultas, dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh pimpinan sesuai tingkatannya.
  2. Pilmapres tingkat perguruan tinggi dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan, sedangkan di tingkat Kopertis Wilayah dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk dan disahkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah yang bersangkutan.
  3. Hasil pemilihan pada setiap jenjang (jurusan/departemen/bagian, fakultas dan perguruan tinggi) dituangkan dalam Berita Acara Pemilihan.
  4. Satu orang terbaik hasil pemilihan di PTN dikirimkan ke tingkat nasional.
  5. Satu orang terbaik hasil pemilihan di PTS dikirimkan ke Kopertis Wilayah.
  6. Hasil pemilihan tingkat Kopertis Wilayah dikirimkan ke tingkat nasional sesuai kuota maksimal yang ditentukan berdasarkan rasio jumlah mahasiswa di setiap Kopertis Wilayah dan pertimbangan lainnya. Kuota maksimal tiap Kopertis Wilayah adalah sebagai berikut.

kuota-kopertis-2017

B. Tingkat Nasional

Pemilihan pilmapres di tingkat nasional dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan tahapan sebagai berikut.

1. Pendaftaran

  • Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis Wilayah mendaftarkan peserta Pilmapres Sarjana dengan mengunggah bukti berita acara Pilmapres di tingkat perguruan tinggi untuk PTN dan bukti berita acara Pilmapres di tingkat Kopertis untuk PTS (untuk mendapatkan PIN per mahasiswa) melalui http://pilmapres.ristekdikti.go.id.
  • Perguruan Tinggi Negeri menyerahkan PIN secara langsung kepada peserta pilmapres sedangkan Kopertis Wilayah menyerahkan PIN kepada peserta pilmapres melalui PTS.
  • Peserta pilmapres (dengan menggunakan PIN) melengkapi seluruh berkas sesuai ketentuan pendaftaran melalui laman: http://pilmapres.ristekdikti.go.id
  • Pendaftaran mulai tanggal 24 April s.d. 5 Mei 2017.

2. Seleksi

a. Seleksi tahap awal (desk evaluation) dilakukan melalui sistem penilaian berdasarkan:

  1. persyaratan administrasi,
  2. karya tulis ilmiah,
  3. ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris (bukan abstrak),
  4. video presentasi ringkasan karya tulis ilmiah dalam bahasa Inggris
  5. data prestasi/kemampuan yang diunggulkan,

b. Seleksi tahap akhir dilakukan terhadap peserta pilmapres yang lolos seleksi tahap awal. Penilaian tahap akhir dilakukan berdasarkan:

  1. Penilaian presentasi karya tulis ilmiah,
  2. Penilaian presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris,
  3. Wawancara dan klarifikasi terhadap prestasi/kemampuan yang diunggulkan (pencapaian/penghargaan/pengakuan/rekam jejak yang relevan),
  4. Tes dan pengamatan kepribadian.

Mahasiswa yang dinyatakan sebagai finalis tingkat nasional wajib membawa berkas/dokumen pendukung asli berupa: sertifikat/karya/penghargaan/pengakuan/rekam jejak yang relevan, serta softfile karya tulis ilmiah (format doc) untuk ditunjukkan/diserahkan kepada panitia.

Hasil penilaian tahap akhir akan diumumkan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. Secara singkat prosedur/tahapan pemilihan pilmapres dapat dilihat di dalam bagan berikut.

prosedur-pilmapres-2017